Setelah PETIR atau Penghuni Terakhir berakhir Minggu, 10 juli 2011 satu-satunya reality show favorit gw yang tersisa di malam hari adalah Big Brother Indonesia (Bersama Simpati).. Pada dasarnya kedua acara ini mempunyai format yang sama. Dimana sekumpulan orang yang telah lulus audisi, kesehatan dan psikotes dikumpulkan dalam satu rumah. Satu orang yang berhasil melewati game dan tantangan dan tinggal terakhir di dalam rumah akan mendapat hadiah yang hadiahnya miliaran rupiah. Dari Petir pertama hadiahnya rumah senilai 1 miliar tetapi mulai petir 5 dan 6 berhadiah hunian senilai 1 miliar. (Hunian ini ternyata apartemen mewah di Jakarta Barat). Ps: Petir Selebriti apa ya hadiahnya lupa. Nah, klo Big Brother ini gw belom jelas apa hadiahnya.. Kata hostnya sih hadiah senilai miliaran rupiah (berarti bukan rumah/hunian ya kayak Petir).

Meskipun kebanyakan orang membandingkan Petir dan Big Brother gw tetap suka kedua2nya.. Emang sekarang gw akuin peraturan dan sistem Petir udah berubah banyak dibanding dulu Petir 1 (zamannya Yohan-Mahdi). Peraturan semakin tak jelas, sering sekali melakukan games diluar dan katanya ada skenario. Eitss, skenario hanya pada saat Beranda klo malam Ekstradisi murni ya.. Udah ga konsisten kan dari format awal kemunculan Petir? Yah walaupun begitu gw udah terlanjur jatuh cinta sama Petir.. Petir 1 itu tahun 2004 berarti gw baru lulus SD tuh.. Nah, yg paling beda.. Game Petir 1 menggabungkan unsur Fear Factor.. Gamenya bener2 keren.. Dan gak kayak Petir 5/6 banyak game lucknya.. Tapi soal karakter dan menguras emosi Petir 5 dan 6 juaranya! Penuh intrik yang bikin kita kesel sendiri ngeliat tingkah para penghuni.. Kadang bisa sampe ketawa cekikikkan sangking mereka lucunya..
Oya, jagoan gw si Ayu dari Palembang pun jadi pemenang Petir 6 loh! Tokoh antagonis tapi kadang sering diserang dan berdiri sendiri..

Karena Petir udah ga ada, sekarang jam 7 kurang 15 menit pasti gw udah siap di depan TV mantengin Big Brother.. Klo kata hostnya sih: "Terisolasi dari dunia luar tanpa alat komunikasi, tanpa alat penunjuk waktu dan yang pasti tanpa script dan tanpa rekayasa" itu ga 100% dijalanin, sama seperti Petir.. Yah pasti ada reward2 kecil lah yang boleh telepon keluarganya/video cam atau malah pernah salah satu peserta (Tengku) ketemu Ibunya di teras (walau ga bisa nyentuh).

Big Brother mungkin sudah sangat terkenal di banyak negara, tapi untuk Indonesia sendiri ini adalah session yg pertama.. Katanya juga termasuk Reality Show termahal di Indonesia. WOW! Sistem SMS pun berbeda.. Biasanya di Reality Show lain klo ingin mendukung SMS sebanyak2nya jagoan kita, tapi klo Big Bro ada 3 atau kadang 4 housmate yang masuk nominasi deportasi lalu pemirsa tinggal mengirimkan SMS mereka kepada housemate yang ingin dikeluarkan/deportasi. Jadi intinya kirimlah SMS kepada orang yang kita paling ga suka. So simple bukan?
Oya, pernah gw baca di kaskus ada thread tentang Afrie (salah satu HM) terus ada yg comment "sedih deh aping keluar :( padahal udah gw sms banyak tuh" wadaaaw.. Salah gan, SMS itu justru mengirimkan idolamu keluar dari rumah Big Bro haha.. Sistem baru begini sih harus sering2 diomongin sama sosialisasi.. Susah sama orang yg udah kebiasaan ngikutin sistem dukungan SMS reality show yg biasanya ga kayak gini.. Tapi sebenernya ketiga host udah sering tegasin setiap akhir Daily Show dan iklan SMS berjalan pun juga udah ada keterangannya walaupun fontnya kecil.. Tapi udah disosialisasiin gini selama lebih dari 10 minggu dan sekarang Putaran Final sistem SMSnya pun berubah lagi.. "Dukung housemate favorit dengan cara mengirim SMS sebanyak2nya".. Takutnya orang jadi bingung lagi.. Malah salah ngevote jagoannya deh..

Nah gitu deh cerita gw tentang Reality Show fav gw, panjang dan berantakan. Yang penting lagi kepengen nulis.. Oya, gw pernah dapet 2 merchandise eksklusif kedua Reality Show tersebut loh.. Untuk PETIR ikutan kuis di twitter tahun 2010 pas masih PETIR 5 ada kaosnya tulisan PETIR sama gambar kunci. Klo Big Brother gw dapet kaos sama poster. Nih didapet pas menang kuis Touring Rumah Big Brother juni kemarin.. Menang kuis lewat FB dan goodie bag pas pulang dapet itu. Foto2 gw pas touring ntar gw posting di post selanjutnya ya :) see you!